Tutorian Excel

Cara Print Excel-Bagaimana cara mencetak file excel atau print di excel dengan rapi, tidak terpotong dan sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan?

Anda mengalami hasil print out terpotong dan terlalu besar atau sebaliknya terlalu kecil dan tidak full kertas serta masalah umum lainnya saat melakukan nge-print file di excel atau mencetak dokumen excel?




Untuk sebagian pengguna microsoft excel, proses mencetak dokumen biasanya menjadi masalah tersendiri sehingga masalah-masalah saat bermaksud melakukan print out di atas lazim terjadi.

Microsoft Excel menyediakan banyak opsi untuk mengatur bagaimana file excel Anda akan diprint atau dicetak. Sehingga tidak hanya sekedar Ctrl+P lalu Print atau Enter.

Pada tutorial excel kali ini, "Kelas Excel" akan memberikan tips bagaimana melakukan printout file excel yang benar atau cara mencetak dokumen excel supaya hasilnya terlihat rapi dan sesuai dengan yang Anda inginkan.


Berbeda dengan Ms. Word yang tampilannya berbentuk lembaran halaman sesuai ukuran kertas cetak, Microsoft excel merupakan aplikasi berbasis spreadsheet dimana bagian utamanya berupa kumpulan cell yang terbentuk dari pertemuan grid baris dan kolom.

Anda dapat membayangkan membuat sebuah tabel di MS. Word dengan ribuan kolom dan sejuta lebih baris? Apakah kolom dan baris tersebut dapat dimuat dalam 1 lembar kertas ukuran A4 (21cm x 27,9cm)?

Dengan excel hal tersebut bisa saja dilakukan, hanya saja tampilannya tentunya akan sangat kecil dan tidak terbaca oleh mata.

Dari gambaran di atas yang saya ingin sampaikan bahwa excel mencetak lembaran dokumen dengan persentase tertentu sehingga tampilan hasil print dapat membesar atau mengecil dari ukuran aslinya.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mencetak file atau nge-print di excel:
  1. Anda harus pandai-pandai mengatur isi data yang akan di cetak. Kalau memungkinkan pisahkan isian data yang hanya digunakan sebagai database dengan data yang akan diprint out.
    • Untuk data yang hanya akan disimpan dalam file excel isiannya dapat melebar sebanyak kolom excel yang tersedia.
    • Untuk data yang akan di cetak sebaiknya tidak terlalu lebar (melibatkan banyak kolom) sehingga akan terpotong atau terlalu kecil saat di cetak jika dipaksakan muat dalam 1 lembar kertas.
  2. Pastikan pengaturan ukuran kertas di excel dan jenis kertas pada printer sudah sesuai dengan kertas yang akan anda gunakan untuk mencetak dokumen excel tersebut.
  3. Tentukan margin atau batas cetak sesuai kebutuhan.
  4. Gunakan Jenis Page Layout veiw untuk melihat bagaimana tampilan hasil cetak dokumen.
  5. Untuk jenis dokumen yang lebar dengan banyak kolom, sebaiknya gunakan Lanscape Orientation atau halaman mendatar.
  6. Sesuaikan Print Area jika ingin mencetak sebagian atau beberapa bagian dari sebuah worksheet saja.
  7. Jika Halaman yang akan diprint cukup panjang sehingga terbagi menjadi beberapa halaman, pastikan pergantian setiap halaman sudah sesuai keinginan Anda.
  8. Gunakan pengaturan skala pencetakan untuk mengatur skala hasil cetak atau membagi hasil print dalam beberapa halaman yang Anda tentukan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAHASIA DIBALIK MUROJAAH HAFALAN AL-QUR'AN

Kata kata bijak motivasi kehidupan